Pendidikan Vokasi, Kurang Diminati Tapi Paling Diincar Perusahaan

thumbnail

Pendidikan vokasi sering dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat Indonesia, hal ini tidak terlepas dari kurangnya pengetahuan masyarakat akan kelebihan dari pendidikan ini. Banyak stigma di masyarakat beredar bahwasanya peserta didik di bangku vokasi, merupakan orang buangan yang gagal masuk ke universitas negeri. Padahal saat ini pemerintah indonesia sedang gencar-gencarnya menggalakkan pendidikan ini, dikarenakan tingginya kebutuhan industri akan keahlian lulusan vokasi.

Pendidikan vokasi adalah pendidikan yang fokus pada keahlian terapan tertentu. Program pendidikan pada vokasi biasanya memiliki porsi praktek lebih banyak dari pada teori, perbandingannya hingga 70:30. Hal ini sangat berbalik dengan pendidikan akademik, yang perbandingan porsi praktek dengan teorinya adalah 40:60. Lulusan pendidikan vokasi memang disiapkan untuk siap kerja, sehingga  lulusannya memerlukan waktu lebih singkat dalam beradaptasi di dunia kerja.

Berikut adalah kelebihan dari pendidikan vokasi :

1. Lebih Banyak Praktek dibanding Teori

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pendidikan vokasi memang berorientasikan praktek. Hal ini berdampak pada pembelajaran di pendidikan vokasi sangat menyenangkan, karena lebih sering di lapangan atau di laboratorium.

2. Masa Pendidikan Beragam

Pendidikan vokasi biasanya dikenal dengan program diploma yang terdiri  dari Diploma 1  dengan lama pendidikan 1 tahun, Diploma 2 selama 2 tahun, Diploma 3 selama 3 tahun  hingga Diploma 4 selama 4 tahun. Keberagaman masa pendidikan ini bisa menjadi pilihan anda dalam menentukan masa pendidikan.

3. Prospek Kerja Yang Luas

Beberapa industri saat ini menjadikan lulusan pendidikan vokasi sebagai prioritas utama dalam memenuhi kebutuhan SDM nya. Hal ini tidak terlepas dari skill/keahlian yang dimiliki oleh lulusan ini, yang memang sudah siap kerja dan terampil.

4. Bisa Melanjutkan Pendidikan Ke Pendidikan Akademik

Anda tidak perlu khawatir jika anda memiliki keinginan untuk mengenyam pendidikan akademik. Lulusan pendidikan vokasi, khususnya lulusan D3 memiliki kesempatan yang luas untuk melanjutkan pendidikan S1. Diantaranya di universitas terbaik di Indonesia, seperti UI, UGM, ITS dan masih banyak lainnnya.

5. Biaya Pendidikan Cenderung Murah

Pembelajaran pada pendidikan vokasi memang lebih banyak di kegiatan praktek, yang biasanya dianggap memerlukan biaya lebih banyak. Namun anda tidak perlu khawatir, Biaya pendidikan pada Pendidikan vokasi biasanya cenderung lebih murah, apabila dibandingkan dengan pendidikan akademik. Aneh bukan?

Nah itulah 5 kelebihan pendidikan vokasi, dibandingkan dengan pendidikan akademik atau pendidikan umum lainnya. Jika anda berminat untuk masuk di jalur ini, anda bisa mendaftar melalui Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri dan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri.

Demikian artikel tentang kelebihan pendidikan vokasi, Bagi teman-teman yang juga penasaran dengan jurusan kuliah direkomendasikan, dapat lihat disini untuk jurusan IPA dan disini untuk jurusan IPS

Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top