7 Hal Yang Menjadi Pertimbangan dalam Menentukan Jurusan Kuliah

thumbnail

Pemilihan jurusan kuliah merupakan hal yang sangat menghantui para pelajar SMA/SMK/MA tingkat akhir. Jurusan kuliah yang dipilih tentu harus dipertimbangkan secara matang. Salah ambil jurusan dapat berdampak fatal pada masa depan anda.

Tidak hanya itu, jurusan kuliah juga harus mempertimbangkan jurusan saat masih sekolah, seperti jurusan kuliah IPA dan jurusan kuliah IPS.

Berikut adalah Faktor  yang dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih jurusan kuliah :

1. Gali Potensi Diri

Menggali potensi diri menjadi pertimbangan pertama dalam memutuskan pilihan jurusan kuliah, coba renungkan dan dipikirkan sejenak, selama ini kita lebih condong pada keahlian apa. Jangan sekali-kali menganggap enteng keahlian kita, sehingga kita menganggap hal tersebut dapat dipelajari secara otodidak dan tidak mengambil jurusan di bidang tersebut.

Contohnya ketika anda menyukai programming, ada baiknya anda mempertimbangkan jurusan IT menjadi prioritas anda. Karena potensi yang diasah dengan tekun akan lebih baik dibandingkan potensi yang hanya setengah-setengah.

2. Kemampuan Akademik

Sebelum memutuskan jurusan yang anda ambil, ada baiknya anda mengukur kemampuan anda dalam menghadapi seleksi masuk. Proses seleksi masuk perguruan tinggi sangat ketat, khususnya perguruan tinggi negeri dan jurusan yang anda inginkan adalah jurusan favorit. Namun apabila anda memang sangat menginginkan jurusan tersebut, sekarang waktunya anda mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh agar dapat mendapatkan hasil yang anda harapkan

3. Peluang Dunia Kerja

Faktor ini juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya, tidak dapat dipungkiri bahwasanya saat ini banyak sarjana yang pengangguran disebabkan faktor ini. Banyak kampus-kampus di Indonesia yang memiliki jurusan yang memang agak asing di dunia kerja. Banyak Perusahaan masih kurang melek akan informasi ini sehingga mereka lebih condong memilih jurusan yang lebih umum.

Tapi anda tidak perlu khawatir, selagi anda memiliki kompetensi yang bagus, masih ada kesempatan untuk dapat diterima di perusahaan-perusahaan ternama. Perusahaan yang biasanya memiliki program MT (Management Trainee), ODP (Officer Development Program) atau sejenis lainnya, biasanya membuka kesempatan pada semua jurusan untuk dapat melamar di Perusahaan mereka.

Anda bisa melakukan riset terhadap jurusan dengan membuka website-website yang menyediakan informasi lowongan kerja, seperti Jobcdc, Jobstreet, Linked In, dan lain-lain.

4. Peluang Kerja Mandiri

Persaingan dunia kerja memang cukup tinggi, anda harus mengikuti serangkaian proses seleksi yang mana anda bisa saja gugur di beberapa tahapan. Apabila anda memiliki jiwa entrepreneur yang tinggi, mungkin faktor ini bisa menjadi pertimbangan anda. Pilihlah jurusan yang memungkinkan anda untuk dapat membuka usaha mandiri, seperti IT, Pendidikan, Hukum, Manajemen Bisnis dan masih banyak lainnya.

5. Pertimbangkan Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan masih menjadi kendala bagi sebagaian orang untuk melanjutkan pendidikannya, saat ini biaya pendidikan tidak dapat dianggap enteng walaupun kampus yang anda tuju adalah kampus negeri. Di beberapa wilayah bahkan kampus swasta memiliki biaya pendidikan yang lebih murah dibandingkan kampus negeri.

Namun anda tidak perlu khawatir, anda memilki kesempatan untuk dapat meraih beasiswa asalkan anda memiliki kemampuang akademik yang bagus. Program beasiswa tidak hanya berasal dari dalam kampus, di luar kampus juga banyak  perusahaan swasta yang juga menyalurkan beasiswa pendidikan melalui program CSR

6. Minta Pendapat Orang Terdekat

Setelah anda yakin dengan jurusan yang akan anda pilih, tanyalah pendapat orang terdekat terutama orang tua dan saudara anda. Pendapat orang tua dan saudara kadang bisa menjadi pertimbangan karena mereka memiliki pengalaman yang lebih lama dari pada anda

7. Berdoa

Terkahir dan tidak kalah pentingnya adalah berdoa, memohon petunjuk kepada yang kuasa agar dapat diberikan  kemudahan dalam menentukan jurusan yang anda impikan

Demikian tips dari saya dalam mempertimbangkan jurusan kuliah, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top